Perbedaan Laptop, Notebook dan Netbook

Perbedaan Laptop Notebook dan Netbook

Perbedaan istilah Laptop, Notebook dan Netbook mungkin bagi sebagian orang bukanlah hal yang besar. Tapi jangan salah, masih banyak lho teman-teman kita yang masih suka bingung membedakan apa itu Laptop, Notebook, dan Netbook.

Hal ini saya alami ketika seorang teman menawarkan sebuah "Notebook" dengan harga maurah, namun setelah di lihat ternyata bukan Notebook melainkan sebuah Netbook. Nah Loh...??.

Banyak yang beranggapan bahwa Netbook adalah Notebook atau sebaliknya karenaa namanya sangat mirip sedangkan yang saya pahami selama ini Laptop sama dengan Notebook. Namun tidak sedikit orang mengatakan bahwa Laptop dan Notebok itu tidak sama bahkan ada juga yang menyatakan kalo Laptop, Notebook dan Netbook adalah sama. Waduh jadi bingung neh..!

Terus yang benar yang mana neh..???. Istilah laptop atau notebook sendiri memang seringkali digunakan bergantian untuk mengacu pada setiap Komputer Jinjing. Seringnya istilah itu digunakan, hingga kekeliruan antara tiga istilah itu menjadi lumrah di kalangan kita saat ini. Nah, biar tak salah kaprah lagi, mari simak penjelasan ketiga perbedaan istilah teknologi tersebut.

Jika kita mengacu pada definisi Komputer Jinjing maka istilah laptop, notebook dan netbook itu bisa di artikan sama karena ketiga istilah itu merupakan komputer portable, dapat dijinjing dan mudah dibawa kemana mana. Tetapi jika dilihat dari ukuran dan spesifikasi serta kegunaanya akan berbeda.

Laptop dan Notebook

Berdasarkan arti katanya : Laptop sendiri gabungan dari dua kata, Lap yang berarti pangkuan dan Top yang artinya diatas. Jadi saat pertama dibuat memang ditujukan buat pengguna bergerak dan dapat dipangku. Beda dengan dengan istilah desktop untuk penamaan PC yang selalu digunakan diatas meja.

Sebenarnya laptop atau notebook cuma sebuah penyebutan istilah belaka. NoteBook yang berarti buku yang dapat dilipat dirasa lebih ‘gagah’ dan lebih kena untuk dipopulerkan. Di Amerika istilah laptop lebih dikenal dari notebook.  Juga penyebutan laptop lebih familiar ditelinga orang Indonesia, seperti kata Tukul “Kembali ke Laptop” .

Meski demikian masih ada beberapa produsen besar pembuat produk ini tetap menggunakan istilah laptop.  Toshiba di dalam situs resminya menyebut seluruh tipe produksi  PC Portable dengan kata Laptop, Sementara Acer menamakannya dengan Notebook, demikian juga dengan Fujitsu yang mengelompokkan produk Lifebook-nya dengan Notebook. Sementara Dell, perusahaan asal Texas, dengan lugas mengatakan sama aja tuh laptop maupun notebook.

Netbook

Netbook merupakan salah satu varian dari komputer jinjing yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan Komunikasi Nirkabel dan mengakses Internet. Sebuah netbook umumnya menggunakan prosesor Intel Atom. Jenis komputer jinjing ini berukuran kecil, biasanya dengan layar di bawah 12 inci dan berat kurang lebih 1 kg.

Sementara dari segi performa, netbook biasanya didesain untuk melakukan kinerja ringan seperti mengolah data Word, spreadsheet (Excel), slide (Powerpoint), internetan, memainkan permainan ringan, dan sebagainya. Dari segi harga, netbook biasanya dibanderol dengan harga yang relatif murah dibandingkan dengan harga notebook.

Referensi :
  • http://www.acerid.com
  • http://id.wikipedia.org/wiki/Notebook
Vivo Betting
Label:

Nor is it at all prudent for the hunter to be over curious touching the precise nature of the whale spout.

Post a Comment

  1. Kalau menurut ane sih perbedaan paling mencolok antara Notebook dengan Netbook itu ukurannya gan..
    Kalau ukurannya dibawah 14 inch berarti Netbook, kalau diatas 14 inch bearti Notebook.

    ReplyDelete

Apa tanggapan Anda tentang artikel ini ?

[disqus][blogger]

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.