Pluto Bukan Lagi Planet Tata Surya

Pluto Bukan Lagi Planet Tata Surya
Pluto Bukan Lagi Planet Dalam Tata Surya Kita
Anda pasti sudah tahu, kalau Pluto sekarang sudah tidak menjadi bagian dari planet di tata surya kita ini. Tapi apakah Anda juga tahu, mulai kapan keputusan tersebut diambil dan apa yang menjadi pertimbangannya?

Sejak ditemukan oleh Clyde William Tombaugh, seorang astronom muda di Observatorium Lowell, pada 18 Februari 1930, Pluto kemudian menjadi salah satu anggota dari Tata Surya yang paling jauh letaknya.

Namun mulai 24 Agustus 2006 planet dalam tata surya kita berkurang satu. Karena sejak hari itu, Pluto sudah diputuskan tidak lagi berhak menyandang predikat sebagai Planet Dalam Tata Surya. Sidang Umum Himpunan Astronomi Internasional (International Astronomical Union/IAU) Ke-26 di Praha, Republik Ceko, menghasilkan keputusan bersejarah dalam dunia astronomi dengan mengeluarkan Pluto dari daftar planet-planet di Tata Surya kita. Mulai sekarang, anggota Tata Surya hanya terdiri dari delapan planet, yakni Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Jupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus.

Keputusan mengeluarkan Pluto yang sudah menjadi anggota Keluarga Planet Tata Surya selama 76 tahun merupakan konsekuensi ditetapkannya definisi baru tentang planet. Resolusi 5A Sidang Umum IAU Ke-26 berisi definisi baru itu.

Pluto Bukan Lagi Planet Tata Surya

Dalam resolusi tersebut dinyatakan, sebuah benda langit bisa disebut planet apabila memenuhi tiga syarat : 

1. Mengorbit Matahari.
2. Berukuran cukup besar sehingga mampu mempertahankan bentuk bulat.
3. Memiliki jalur orbit yang jelas dan bersih (tidak ada benda langit lain di orbit tersebut.

Definisi tersebut adalah definisi universal pertama tentang planet sejak istilah planet dikenal di kalangan astronom, bahkan sebelum era Nicolaus Copernicus yang tahun 1543 membuktikan Bumi adalah salah satu planet yang berputar mengelilingi Matahari. 

Dengan definisi baru tersebut, Pluto tidak berhak menyandang nama planet karena tidak memenuhi syarat yang ketiga. Orbit Pluto memotong orbit planet Neptunus sehingga dalam perjalanannya mengelilingi Matahari, Pluto kadang berada lebih dekat dengan Matahari dibandingkan Neptunus.

Referensi : http://id.wikipedia.org/wiki/Pluto
Vivo Betting
Label:

Nor is it at all prudent for the hunter to be over curious touching the precise nature of the whale spout.

Post a Comment

  1. oh gitu, sayang juga ya, jadi berkurang satu planet kalau begitu.

    ReplyDelete

Apa tanggapan Anda tentang artikel ini ?

[disqus][blogger]

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.