Vickinisasi Gejala Penyakit Bahasa ?

 Zaskia Gotik, Vicky Prasetyo

Vickinisasi - Mantan tunangan pedangdut Zaskia Gotik, Vicky Prasetyo mendadak tenar setelah tayangan video singkat berdurasi 59 detik tayang di Youtube.

Dalam video tesebut Vicky yang bernama lengkap Hendrianto bin Hermanto, tampil berdampingan dengan Zaskia Gotik tengah menjawab pertanyaan wartawan. Namun wawancara tersebut agak sedikit aneh dan lucu karena penggunaan bahasa yang tidak lazim.

Kata-kata yang dilontarkan Vicky terdengar aneh seperti konspirasi kemakmuran, harmonisisasi, statusisasi kemakmuran, kontroversi hati, dan labil ekonomi. Penggunaan bahasa Inggris juga terdengar janggal, seperti menyebut usianya "twenty nine my age". Banyak orang menilai kata-kata tersebut sulit diterima nalar dan logika.

Mau lihat videonya??.


Gaya bahasa Vicky lantas banyak ditiru di Twitter dalam konteks candaan.  Seperti dalam akun @marischkaprue, bloger wisata Marischka Prudence pun berkicau :

 ”Statusisasi perut lapar jam segini itu pasti karna konspirasi kemakmuran indomie deh..

Sementara Sastrawan/wartawan senior Goenawan Mohamad dalam akun twitternya @gm_gm mengatakan bahwa Vickinisasi sudah lama terjadi dalam pidato, diskusi bahkan tulisan-tulisan di Tanah Air. Dia menilai gejala itu disebabkan oleh kemalasan menelaah setiap kata dan malas menerjemahkan.
Vivo Betting
Label:

Nor is it at all prudent for the hunter to be over curious touching the precise nature of the whale spout.

Post a Comment

  1. Betul sekali itu mas, sebenarnya ini sudah lama terjadi dan hal ini biasa dilakukan oleh orang yang ingin kelihatan intelek. Mungkin harus ditingkatkan lagi cara pembelajaran bahasa Indonesia yang baik dan benar di sekolah. Dan ini diperparah lagi dengan munculnya handphone. Sekarang orang menulis sms seenaknya sendiri. Kata-kata disingkat dengan tidak beraturan dengan alasan menghemat karakter dan ditambah dengan penulisan "alay" yang kemudian menjadi kebiasaan yang salah. Akhirnya seperti Vicky ini, bicaranya jadi tidak beraturan/tidak jelas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sangat disayangkan sekali bahasa Indonesia yang sudah sangat baik ini di rusak oleh orang2 yang tidak bertanggungjawab.

      memang paling males kalo terima sms dari anak alay bahasanya suka ngaco susah dimengerit he,,, apa lagi kalo dikirimnya lewat blengberry puyeng dah he,,,

      Delete
  2. Kalau anak seperti saya kurang lancar bahasa indonesia, dikarekan saya tinggal di jawa :) ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepertinya semua anak-anak yang lahir di daerah memeiliki kendala yang sama hee,,he,,

      Delete

Apa tanggapan Anda tentang artikel ini ?

[disqus][blogger]

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.