Pengertian Istilah Kualitas Film yang Beredar di Internet

Pengertian Istilah Kualitas Film di Internet

Istilah Kualitas Film | Jika Anda hobi download film di Internet, pasti mengenal istilah CAM, TS, DVD Rip, BRRip, Bluray, R6 Line, TVRip, WEBRip / WEB-DL dsb. Istilah tersebut biasanya disertakan di dalam judul film sebagai identitas dari kualitas film tersebut.

Tiap tipe kualitas menentukan gambar dan suara yang berbeda-beda. Agar hasil download sesuai dengan yang kita harapkan, sebaiknya pastikan dulu kualitas film yang ingin di download supaya tidak membuang-buang waktu & bandwich internet.

Pengertian Istilah Kualitas Film di Internet

Di bawah ini beberapa pengertian istilah kualitas film yang sering muncul ketika kita akan mendownload sebuah film :

1. CAM (CAMRip)
Sumber film direkam dari bioskop dengan menggunakan video kamera portabel / handycam. Tipe ini merupakan kualitas terburuk dari sebuah film. Selain gambarnya buram, suaranya juga buruk, karena langsung direkam di bioskop sehingga banyak noise dan kadang penonton yang lalu lalang ikut terekam.

2. TS (Telesync)
Telesync kualitasnya hampir sama dengan jenis CAM, berasal dari rekaman bioskop. Namun kualitas suara TS sedikit lebih baik dari CAM karena TS  menggunakan sumber external audio source yang telah di label ulang.

3. TC (Telecine)
Telecine adalah proses perekaman video menggunakan alat untuk menyalin film dari projector ke format digital atau biasa disebut alat Telecine. Untuk kualitas audio dan videonya lumayan baik. Karena dicopy dari sumber aslinya. Biasanya film ini masih memiliki time counter di atas dan bawahnya layarnya.

4. SCREENER (SCR)
SCR merupakan pre-release sebuah film yang biasanya direkam dalam format kaset VHS yang didistribusikan oleh pembuat film ke toko2 rental, media, televisi untuk tujuan promosi. Ciri utamanya adalah ditengah2 film suka ada teks berjalan (ticker) yang berisi kata-kata yang bersifat promosi atau informasi tentang film tsb. Terkadang teks berjalan tersebut cuma tampil beberapa detik tapi ada juga yang tampil sepanjang film.

5. DVD-SCREENER (DVDScr)
Sama halnya sama SCREENER cuma ini dalam format DVD.  DVDScr biasanya hasil salinan dari sebuah PROMO DVD yang keluar sebelum DVD asli dipasarkan. DVDScr memiliki kualitas yg cukup bagus.

6. VHSRip
VHSRip merupakan hasil copy dari kaset VHS yang sudah dirilis secara resmi. Jaman sekarang sudah mulai jarang tapi paling banyak jenis ini adalah video olahraga, rekaman TV dan video khusus dewasa.

7. HDTV-Rip
Adalah video hasil salinan/copy dari sebuah channel HDTV (High Definition Television). Untuk kualitas gambar dan suaranya sangat baik namun biasanya pada bagian atas atau bawah layar dipotong untuk menutupi sumber channel yang direkam.

8. WEBRip / WEB-DL
WEBRip adalah versi hasil rip (salinan) dari sebuah Website dengan kualitas bagus. WEB-DL biasanya bersumber dari Amazon dan iTunes Store atau Web-web penyedia tayangan film/TV dengan kualitas baik. Biasanya WEB-DL memiliki kualitas lebih baik dari HDTV karena menggunakan DD 5.1, maka ukuran file-nya pun lebih besar dari HDTV. Di versi WEB-DL juga biasanya tidak terdapat logo TV / iklan berjalan dibawah layar seperti yang terdapat di versi HDTV.

9. DVDRip
DVDRip merupakan salinan dari DVD Original yg sudah dirilis secara resmi.. Kualitas gambar dan suaranya baik sekali. DVDRip akan ada jika DVD Originalnya telah ada di pasaran.

9. R5/R6 Line
DVD yang dirilis khusus untuk region tertentu :

R1 Amerika Serikat, Kanada
R2 Eropa, termasuk Perancis, Yunani, Turki, Mesir, Saudi, Jepang dan Afrika Selatan
R3 Korea, Thailand, Vietnam, Kalimantan dan Indonesia
R4 Australia dan Selandia Baru, Meksiko, Karibia, dan Amerika Selatan
R5 India, Afrika, Rusia dan bekas Uni Soviet negara
R6 Republik Rakyat Cina
R7 Reserved for future use
R8 Airlines / Kapal Cruise
R9 Ekspansi (sering digunakan sebagai daerah bebas)

Untuk tipe ini, kualitas gambar hampir setara dengan DVDRip, tetapi untuk kualitas suara biasanya agak jelek (cempreng), meskipun ada beberapa yang kualitas suaranya sudah bagus, namun tetap saja masih ada sedikit noise sehingga mengurangi kenyamanan dalam menonton film tersebut.

10. BRRip
Mirip dengan DVD-Rip, tapi ini merupakan hasil copy dari Blu-Ray Disc yg sudah dirilis secara resmi. Kualitas copyan dari BluRay Disk sangat tinggi, sehingga gambarnya pun sangat detail dan jelas. Kualitas ini jauh lebih baik dari DVDRip.

11. BluRay/HD
Sama seperti BRRip namun dengan resolusi yang jauh lebih besar yaitu 1920x1080p. Konsekuensinya, file jadi besar dan memutarnya juga berat, sehingga diperlukan spesifikasi komputer yang tinggi. Jika tidak gambar menjadi patah-patah.

Sebenarnya masih banyak istilah- istilah rilis film yang beredar di internet. Namun poin-poin diatas biasanya lebih sering digunakan dalam rilis sebuah film bajakn. Untuk kualitas terbaik download film dengan kode rilis DVDRip atau BRRip.

Link Sumber
http://en.wikipedia.org/wiki/Pirated_movie_release_types
Vivo Betting

Nor is it at all prudent for the hunter to be over curious touching the precise nature of the whale spout.

Post a Comment

  1. yang paling sering saya dnger dan diliat ya DVD Rip dan blue ray :)
    thanks sob buat infonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya sob kualitas yang itu memang paling sering dicari

      Delete
    2. tapi kalo beli cd nya di mall, gk ada istilahnya sob, pas diputer di rumah banyak orang yang slonong boy (lewat handycam di bioskop)

      Delete
    3. Itu taktik dagang para pembajak.
      Sebaiknya kalo beli bajakan di test dulu biar gak kecewa. kalo nggak nonton di bioskop aja lebih seru hee,,,

      Delete
  2. saya kalo download harus selalu bluray atau dvdrip, kalo masih cam atau ts mending nunggu aja.. gpp lama juga yg penting puas :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul sist, kalo nonton film favorite kualitas cam sayang bgt mending sabar nunggu burainya... :)

      Delete
  3. Kalo film yang credit title akhirnya terpotong,
    itu istilahnya apa, gan. soalnya ane banyak
    donlot film2 brrip yg size kecil, cm pas
    bag, credit title di potong. thanks.

    ReplyDelete

Apa tanggapan Anda tentang artikel ini ?

[disqus][blogger]

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.