Marc Marquez Resmi Juara Dunia MotoGP 2013

Marc Marquez Resmi Juara Dunia MotoGP 2013

MotoGP 2013Marc Marquez akhirnya resmi menjadi Juara Dunia MotoGP 2013, setelah berhasil menyelesaikan GP Valencia dengan finis ketiga dibelakang Jorge Lorenzo dan Dani Pedrosa.

Kemenagan Marquez di usia 20 tahun ini sekaligus menjadi juara dunia termuda kelas primer sepanjang sejarah dan jadi rookie pertama kelas primer yang jadi juara dunia sejak Kenny Roberts melakukannya pada tahun 1978, 35 tahun yang lalu.

Jalanya Balapan

Lorenzo melakukan start dengan sangat baik. Dari posisi dua, dia melejit ke depan melewati pole sitter Marc Marquez yang merosot ke urutan tiga. Dani Pedrosa yang start dari posisi tiga naik ke urutan dua.

Pada putaran kedua, Pedrosa berhasil melewati Lorenzo, tapi langsung terkejar kembali. Kejadian yang sama berulang di awal lap tiga, dan pada putaran-putaran berikutnya.

Pada lap ke-10, Pedrosa sempat melebar dan merosot ke urutan lima, saat bersenggolan dengan Lorenzo. Saat itulah, Marquez mengambil momen untuk melejit ke depan.

Marquez yang hanya butuh finis keempat untuk memastikan raihan gelar juara dunia, membalap lebih tenang, tidak seagresif seperti biasanya. Bahkan dia tak memberi perlawanan saat Pedrosa melewatinya pada putaran ke-26.

Marc Marquez Resmi Juara Dunia MotoGP 2013

Di depan, Lorenzo tak terkejar dan akhirnya menutup GP Valencia sebagai pemenang, disusul Pedrosa di urutan dua. Sementara Marquez yang finis ketiga resmi menjadi Juara Dunia 2013 dengan keunggulan 4 poin atas Lorenzo.

Balapan di Sirkuit Valencia ini memang dimenangi Jorge Lorenzo dengan total 330 poin, namun dia harus puas menutup musim ini sebagai runner-up.

Hasil Balapan MotoGP Valencia 2013

1. Jorge Lorenzo ESP Yamaha Factory Racing (YZR-M1) 46m 10.302s
2. Dani Pedrosa ESP Repsol Honda Team (RC213V) 46m 14.236s
3. Marc Marquez ESP Repsol Honda Team (RC213V) 46m 17.659s
4. Valentino Rossi ITA Yamaha Factory Racing (YZR-M1) 46m 20.881s
5. Alvaro Bautista ESP Go&Fun Honda Gresini (RC213V) 46m 25.267s
6. Stefan Bradl GER LCR Honda MotoGP (RC213V) 46m 34.701s
7. Bradley Smith GBR Monster Yamaha Tech 3 (YZR-M1) 46m 39.345s
8. Nicky Hayden USA Ducati Team (GP13) 46m 50.195s
9. Andrea Dovizioso ITA Ducati Team (GP13) 47m 3.498s
10. Michele Pirro ITA Ducati Test Team (GP13) 47m 13.285s
11. Aleix Espargaro ESP Power Electronics Aspar (ART CRT) 47m 14.499s
12. Hector Barbera ESP Avintia Blusens (FTR-Kawasaki CRT)* 47m 17.128s
13. Claudio Corti ITA NGM Forward Racing (FTR-Kawasaki CRT)* 47m 21.783s
14. Danilo Petrucci ITA Came IodaRacing Project (Suter-BMW CRT)* 47m 23.945s
15. Colin Edwards USA NGM Forward Racing (FTR-Kawasaki CRT)* 47m 34.551s
16. Hiroshi Aoyama JPN Avintia Blusens (FTR-Kawasaki CRT)* 47m 43.312s
17. Michael Laverty GBR Paul Bird Motorsport (ART CRT) 1 lap
18. Luca Scassa ITA Cardion AB Motoracing (ART CRT) 1 lap
19. Bryan Staring AUS Go&Fun Honda Gresini (FTR-Honda CRT) 1 lap
20. Martin Bauer AUT Remus Racing Team (S&B Suter-BMW CRT) 1 lap
Vivo Betting
Label:

Nor is it at all prudent for the hunter to be over curious touching the precise nature of the whale spout.

Post a Comment

  1. keren nih gan .. tapi saya belum bisa bawa motr nih , soal nya belum punye hehe.
    jadi saya ijin nyimak aja deh hehe... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga gak bisa bawa motor, apalagi motor orang :)

      Delete
  2. bener2 keren ya balapannya smlm...
    top markotop marc marquez

    ReplyDelete
    Replies
    1. Smepat tegang lihat aksi lorenzo sama pedrosa salip salipan

      Delete
  3. seri gp valencia paling menarik karena saling salip hehehehe sampe lupa kopi diminum :d

    ReplyDelete
  4. Replies
    1. Bisa di bilang begitu, diusianya yang 20th bisa juara motoGP apalagi tahun ini pertamakalinya dia balap di kelas 500cc

      Delete
  5. Meski jadi runner up saya tetap dukung lorenzo untuk jadi juara musim depan
    Prestasi yang sangat membanggakan :-d marc marquez !

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tahun depan saya dukung siapa ya msh bingung :)

      Delete
  6. loading blog na ringan bgt kang!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ringan apa berat Kang ??
      Perasaan blog saya berat banget loadingnyah =(

      Delete
  7. Andaikan Valention Rossi masih tetap di motor Hondanya, mungkin masih dia yg juara sampai sekarang ^_^

    ReplyDelete
  8. saya pikir lorenzo yg juara krna finish di urutan pertama sob haha
    ktinggalan info nih :D
    tp kok bisa ya marquez juara sdangkan finish urutan ke tiga ?
    cemana tuh ga ngerti saya sob :?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Penentuan juara dunia dalam motoGP dihitung berdasarkan poin yang dikumpulkan selama balapan dalam satu musim. Semakin sering menag semakin bayak pula poin yang dikumpulkan. Memang lorenzo menag dan juara di valencia tapi dia tidak juara dunia karena poin yang diraih Marquez lebih banyak :)

      Delete

Apa tanggapan Anda tentang artikel ini ?

[disqus][blogger]

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.