Letusan Gunung Api Terdahsyat di Indonesia

Letusan Gunung Api Terdahsyat di Indonesia

Letusan Gunung Api Terdahsyat di Indonesia | Indonesia dikenal sebagai negara dengan gunung-gunung api besar yang masih aktif, sesekali gunung-gunung ini mengeluarkan tanda akan meletus. Selain abu Vulkanik, beragam efek dirasakan dari aktifnya gunung api ini, seperti gempa, semburan lahar panas serta awan panas yang sangatlah membahayakan dan mematikan. Tak hanya kerugian materi, bencana ini juga menjatuhkan banyak korban jiwa.

Dan baru-baru ini tanah air digemparkan dengan meletusnya Gunung Kelud di Kediri Jawa Timur dan Gunung Sinabung yang terletak dikabupaten karo, Sumatra utara. Puluhan orang menjadi korban dan ribuan lainnya terpaksa mengungsi ketempat yang lebih aman.

Danpak letusan gunung api ini tentulah sangat berbahaya. Di berbagai daerah di Indonesia puluhan gunung berapi telah meletus, letusannya memiliki kekuatan dan danpak yang berbeda-beda.

Dari sekian banyak letusan gunung berapi yang pernah terjadi di Indonesia, Blog Gupitan akan membahas dua gunung di tanah air yang konon memiliki danpak letusan paling hebat.

1. Gunung Tambora (Sumbawa NTB)


Salah satu gunung Api di tanah air yang memiliki letusan terdahsyat adalah Gunung Tambora. Aktifitas gunung yang terletak di Sumbawa ini tercatat pernah mencapai puncaknya pada April 1815. Letusan ini menjadi letusan paling dahsyat dalam sejarah karena letusannya terdengar hingga jarak lebih dari 2000 km.

Letusan Gunung Api Terdahsyat di Indonesia Abu vulkanik Gunung Tambora ini mencapai Kalimantan, Sulawesi, Jawa dan Maluku. Letusan gunung ini menyebabkan kematian hingga tidak kurang dari 71.000 jiwa, beberapa peneliti bahkan memperkirakanjumlahnya lebih dari itu. Letusan gunung ini juga menyebabkan perubahan iklim dunia.

Satu tahun setelah letusan Gunung Tambora yaitu tahun 1816 disebut-sebut sebagai tahun tanpa musim panas karena adanya perubahan cuaca yang cukup drastis di Amerika Utara dan Eropa. Suhu bumi menurun hingga beberapa derajat, yang mengakibatkan bumi menjadi dingin. Sedangkan Australia dan daerah Afrika selatan turun salju disaat musim panas.  Hal ini diakibatkan karena kuatnya debu yang dihasilkan dari letusan Tambora pada waktu itu.

Akibat perubahan iklim yang drastis ini banyak panen yang gagal dan kematian ternak di Belahan Utara yang menyebabkan terjadinya kelaparan terburuk pada abad ke-19.

2. Gunung Krakatau (Selat Sunda)


Gunung Krakatau adalah sebuah gunung api yang terletak di Selat Sunda antara pulau Jawa dan Sumatra yang telah sirna, karena letusannya sendiri terjadi pada tanggal 26-27 Agustus 1883.

Kedahsyatan letusan gunung Krakatau ini senada dengan dengan apa yang terjadi pada Gunung Tambora. Letusan itu sangat dahsyat, sehingga awan panas dan tsunami yang diakibatkannya menewaskan sekitar 36.000 jiwa. Hingga sebelum tanggal 26 Desember 2004, tsunami ini adalah yang terdahsyat di kawasan Samudera Hindia.

Letusan Gunung Api Terdahsyat di Indonesia
Suara letusannya pun lebih dahsyat dibandingkan dengan letusan Gunung Tambora. Letusan gunung Krakatau terdengar hingga jangkauan 4.653 kilometer, daya ledaknya diperkirakan mencapai 30.000 kali bom atom yang diledakkan di Hiroshima dan Nagasaki di akhir Perang Dunia II.

Sama halnya dengan letusan Tambora, letusan Krakatau 1883 ini juga mengakibatkan perubahan iklim global. Dunia sempat gelap selama dua setengah hari akibat debu vulkanis yang menutupi atmosfer. Bahkan hingga setahun berikutnya matahari terlihat redup, hamburan debu tampak di langit Norwegia hingga New York.

Ledakan Krakatau telah melemparkan batu-batu apung dan abu vulkanik dengan volume 18 km kubik, semburan debu vulkaninya hingga 80 km. Benda-benda keras yang berhamburan ke udara ini, jatuh di dataran pulau jawa dan Sumatera bahkan tercatat sampai beberapa negara seperti ke Srilangka, India, Pakistan, Australia dan Selandia Baru.

Ledakannya memang masih kalah dibanding dengan letusan gunung Tambora, namun letusan gunung Krakatau merupakan bencana besar pertama di dunia setelah penemuan telegraf bawah laut. Kemajuan teknologi ini sayangnya belum diimbangi dengan kemajuan di bidang geologi. Bahkan hingga kini, ahli geologi belum mampu memberikan penjelasan mengenai letusan tersebut.

Sekitar 40 tahun setelah meletus, muncul gunung api yang dikenal sebagai Anak Krakatau. Anak gunung ini masih aktif dan bertambah tinggi sekitar 50 cm setiap bulan. Penyebab tingginya gunung itu disebabkan oleh material yang keluar dari perut gunung baru itu. Saat ini ketinggian Anak Krakatau mencapai sekitar 230 meter di atas permukaan laut, sementara Gunung Krakatau sebelumnya memiliki tinggi 813 meter dari permukaan laut.

Tak ada yang tau pasti kapan Anak Krakatau akan meletus. Beberapa ahli geologi memprediksi letusan Anak Krakatau bisa saja akan terjadi antara 2015-2083.

Kesimpulan :

Menurut para peneliti di University of North Dakota, ledakan Krakatau bersama ledakan Tambora mencatatkan nilai Volcanic Explosivity Index (VEI) terbesar dalam sejarah modern. The Guiness Book of Records bahkan mencatat ledakan Krakatau sebagai ledakan yang paling hebat yang terekam dalam sejarah.

Sumber bacaan : http://id.wikipedia.org/wiki/Krakatau || http://id.wikipedia.org/wiki/Gunung_Tambora
Vivo Betting
Label:

Nor is it at all prudent for the hunter to be over curious touching the precise nature of the whale spout.

Post a Comment

  1. nomor siji....kalau menurut saya sih masih hebat krakatau...tapi tambora juga mengerikan...alhamdulillah kita tidak menangi zaman meletusinya karakatau dan tambora... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul Mas dalam sejarah modern Krakatau lah yang paling dahsyat :)

      Delete
    2. Diantara gunung terdasyat itu meletus saya belum ada
      Dan tidak mengalaminya tuh Kang Heri, bagus deh artikelnya Kang :-d

      Delete
    3. kalau bisa tambahin lagi mas heri... biar makin mantab nih artikelnya :-d

      Delete
  2. sedikit tambahan sob, gunung yang pernah meledak dan terdasyat di dunia ini gunung pusuk buhit yang berada di sumatera utara pulau samosir
    :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih mas tambahannya, Letusan gunung berapi Toba Supervolcano yang paling dahsyat yang pernah diketahui di planet Bumi ini. Kejadiannya sudah sangat lama sekitar 73.000 tahun yang lalu. Namun etusan ini tidak bisa dibandingkan dengan apapun yang telah dialami di bumi sejak masa dimana manusia bisa berjalan tegak.

      Delete
    2. Waw, mas gupitan ilmunya luas banget yah. ^_^

      Delete
  3. sungguh-sungguh dahsyat dan mengerikan..
    kemaren saja sempet denger letusan kelud ngeri banget. kayak bom.
    gimana krakatau yang mencapai 4.653 Km

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul Mas, ngeri banget deh pokonya. Mudah mudahan di Negeri kita ini tidak akan terjadilagi bencana2 yang serupa :)

      Delete
  4. Gunung yang lain gak ada apa-apanya ya.. letusan ke 2 gunung api itu dasyat sekali.. sampai ribuan KM.

    ReplyDelete
  5. Luar biasa memang ya mas..ini juga sebagai bentuk kemarahan gunung itu sendiri seperti manusia juga ada titik kemarahan kalau sudah keluar plong

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mudah mudahan kalo sudah plong ngak nyembur lagi ya Mbak :D

      Delete
  6. terbesar dalam sejarah ya bang keren dah. tapi sayangnya sedahsyat penderitaan yang dialami juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setiap bencana besar selalusaja ada yang jadi korban, mungin itu sudah menjadi hukum alam :)

      Delete
  7. Ternyata di Indonesia Letusan gunung banyak dalam katagori Terdasyat
    Yah Kang Heri, terima kasih atas info juga berita yang bermanfaat ini :)

    ReplyDelete
  8. Krakatau dan tambora itu indonesia punya. . Cintailah produk indonesia hhhe (ga nyambung)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ha.. ha... kalo yang ini Cina juga gak mau bikin tiruannya :D

      Delete
  9. selamat siang maz heri . . .
    waahh gunung krakatau fenomenal banget ya ,maz

    ReplyDelete
  10. semoga untuk gunung anak krakatau jangn sampai jadi meletus, ngeri kalau denger yang gunung krakatau dampak letusannya sampai begitu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga aja jangan ampe mas, kalo ampe meledug kampung saya yang duluan kelelep :)

      Delete
    2. Semoga saja tidak terjadi lagi. Aamin

      Delete
  11. wah ngeri juga ya gunung-gunung di Indonesia ini...
    menurut saya yang paling ngeri itu yang Krakatau mas, udah ledakannya gede ditambah juga dengan anak-anak nya... makasih atas infonya mas heri

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anaknya ini yang sekarang harus diwaspadai :)

      Delete
  12. semoga kita dilindungi dari marabahaya yang akan terjadi ya amin.

    ReplyDelete
  13. yg gunung kelud nyampe gk kedaerah agan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sampe Kang... seharian dirumah ajah gak bisa aktivitas :)

      Delete
  14. Saya tahunya cuma gunung krakatau yang letusannya dahsyat banget.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Padahal ada banyak yang letusannya sama dahsyat :)

      Delete
  15. ternyata dibalik itu semua ada balik yang menggitu membalikkan keadaan yang ternyata ada yang lebih parah dari tahun 2014 ini ya musibahnya.. hehe ngelantur :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tahun ini yang lebih parah yang pernah saya alami :D

      Delete
  16. Dengar2 Letusan dahsyat gunung krakatau memisahkan sumatra dan jawa yah, ih mengerikan skali ini krakatau..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo itu saya kurang faham, tapi mungkin juga :)

      Delete
  17. wah, moga aja diindo gunung berapinya gk meletus lagi ya mas,, serem juga klo gunung berapi itu meledak..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga saja ya Mas, saya juga rumahnya dekat gunung jadi ngeri juga :)

      Delete
  18. wah sangat-sangat dahsyat ya mas letusannya kedua gunung itu
    semoga tak terjadi lagi di indonesia ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga saja tidak terjadi lagi, cukup kelud yang terakhir :)

      Delete
  19. semoga ini semua bisa kita ambil hikmahnya. Gunung meletus,banjir dll adalah peringatan dari Tuhan untuk kita semua.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dibalik semua musibah pasti akan ada hikmahnya, tinggal bagaimana kita menyikapinya :)

      Delete
  20. Wah indonesia memang top deh kalau masalah letusan gunung mas. Dan sekarang saja masih ratusan gunung merapi aktif di indonesia mas..Hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ngak bisa dibayangkan ya Mas kalo meletus semua, apalagi kalo berjamaah meletusnya. Harus ngungsi kemana kita :D

      Delete
  21. wah ngeri juga ya mas letusannya bisa membuat orang banyak meninggal dunia. Harus hati-hati nih terutama yang tinggal di daerah gunung api aktif kalau sewaktu-waktu erupsi :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Intinya kita perlu waspada. Kehendak Alam memang tidak bisa dilawan, tapi meminimalisir segala kemungkinan yang dapat membahayakn, itu yang memang harus kita lakukan :)

      Delete
  22. Alhamdulillah Anak Gunung Krakataunya masih tidur. :)

    ReplyDelete
  23. kalau melihat sejarahnya, alhamdulillah sangat bersyukur,, subhanallah :)

    ReplyDelete

Apa tanggapan Anda tentang artikel ini ?

[disqus][blogger]

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.